Jumat, 27 Februari 2009

Selamatkan Bumi Kita

SELAMATKAN BUMI KITA


Saya sangat tercengang sekali membaca artikel-artikel tentang pemanasan global di beberapa media masa, baik elektronik atau cetak, jadi kesemuanya dapat saya simpulkan bahwa pemanasan global dapat berakibat mencairnya es di kutub, yang mengakibatkan permukaan air laut bertambah tinggi dan kondisi cuaca dibumi kita tidak menentu dan dapat mengakibatkan pergeseran musim.



Para pembaca mungkin ingin mengetahui atau yang sudah tahu sekedar menambah ilmu atau sebagai pembanding, pemanasan global di sebabkan oleh gas rumah kaca di antaranya CO2, Metan dan Chlorofluorocarbon. Gas rumah kaca itu disebabkan sebagian besar oleh manusia. Gas Karbondioksida disebabkan oleh pembakaran hutan oleh manusia yang ingin memperluas ladang atau sawahnya, gas metan disebabkan oleh pembakaran hidrokarbon dan Clorofluorokarbon disebabkan oleh pendingin.

Chlorofluorocarbon, gas yang satu ini dapat merusak lapisan ozon, Seperti kita ketahui lapisan ozon adalah pelindung makhluk hidup yang ada di bumi dari ganasnya sinar ultraviolet. Gas Chlorofluorocarbon akan memecah ozon menjadi O2 dan O, kalau kebanyakan gas Chlorofluorocarbon di lapisan ozon maka banyak lapisan ozon yang berubah jadi oksigen dan ozon akan menipis hal ini akan mengakibatkan lapisan ultraviolet leluasa masuk ke bumi tanpa hambatan dan akan berakibat fatal bagi kehidupan dibumi.

Sinar Ultraviolet yang masuk bumi akan dipantulkan oleh bumi, jika dilapisan atmosfer banyak gas CO2, CO dan metan maka sinar itu akan di pantulkan lagi ke bumi oleh gas rumah kaca dan akan mengakibatkan efek rumah kaca dan akibat yang lebih lanjut akan terjadi pemanasan global seperti yang kita dengar selama ini.

Akibat pemanasan global suhu bumi akan bertambah terus tiap tahunnya kalau kita sendiri tidak merubahnya, terus apa yang bisa kita lakukan secara individu mengatasi hal-hal semacam ini?, menurut pemikiran saya secara individu banyak yang bisa kita lakukan untuk mengatasi pemanasan global ini, diantaranya kita harus banyak menanam pohon, karena dengan banyak pohon maka gas CO2 yang dihasilkan kendaraan akan dirubah oleh pohon menjadi O2, karena pernapasan tumbuhan pada siang hari memerlukan CO2 dan mengeluarkan O2, jangan kita merusak hutan apalagi kalau kita membakarnya karena dengan cara itu akan banyak gas rumah kaca diatmosfer.

Kalau saya boleh usul bagaimana kalau bahan bakar kendaraan dirubah oleh bahan bakar yang ramah lingkungan atau yang tidak menghasikan gas rumah kaca misalnya Hidrogen. Hidrogen bisa dibuat bahan bakar hanya saja memproduksinya sangat mahal dan mudah meledak.




Tidak ada komentar: